Senin, 02 Maret 2020

  • Maret 02, 2020
Penghasilan sebesar apapun tidak akan pernah memenuhi kebutuhan yang anda miliki jika anda tidak mengetahui cara mengatur keuangan dengan bijak. Bahkan orang yang bergelimang harta pun akan mengalami masalah pada finansialnya ketika ia tak memiliki cara mengatur keuangan pribadinya dengan baik dan benar. Pada dasarnya, mengelola keuangan merupakan salah satu kunci utama yang harus dimiliki oleh seseorang untuk bisa mencapai kesuksesan pada sisi finansial. Apalagi ketika biaya hidup semakin meningkat, itu berarti anda harus melakukan pengaturan keuangan dengan bijak agar tidak terlilit utang. Ingin tahu bagaimana caranya mengatur keuangan pribadi? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Bijak

Mengatur keuangan pribadi cara pertama yang harus dipahami adalah dua konsep sederhana yang sudah sangat populer yakni pemasukan dan pengeluaran. Pendapatan sendiri merupakan jumlah uang yang diperoleh oleh seseorang berupa gaji bulanan, pendapatan dari modal usaha, pendapatan yang didapat dari investasi, uang pensiun, dan masih banyak lagi. Sementara pengeluaran adalah berbagai pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan uang yang berasal dari pendapatan yang didapatkan.

Dalam proses pengaturan keuangan, sudahkah anda mencatat keuangan pribadi setiap bulannya? Jika belum anda harus mulai untuk mencatat pendapatan yang didapatkan setiap bulannya agar bisa mengatur keuangan dengan mudah dan juga bijak. Mulailah mencatat berbagai pemasukan yang anda miliki setiap bulannya. Misalnya pendapatan dari gaji sebagai karyawan serta digabungkan dengan gaji yang berasal dari pekerjaan sampingan yang anda lakukan. Dengan demikian anda akan mengetahui berapa jumlah pendapatan bulanan yang dimiliki untuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga gaya hidup yang dimiliki.

Setelah anda selesai mencatat semua pendapatan yang dimiliki setiap bulannya, kemudian mulailah mengalokasikan pendapatan pada anggaran pengeluaran yang telah dicatat dan direncanakan sebelumnya. Contohnya seperti di bawah ini :

  • Memberi sedekah: sisihkan 2,5% dari hasil pendapatan per bulan yang anda miliki dan berikan kepada orang yang membutuhkan. Dengan bersedekah seseorang tak akan menjadi miskin dan kesusahan karena justru akan memberikan rezeki yang berlimpah di kemudian hari
  • Kebutuhan bulanan: setiap bulan pasti anda memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi seperti membeli bahan makanan, membayar listrik dan air, dan sebagainya. Sisihkan setidaknya 50% dari pendapatan bulanan anda untuk memenuhi kebutuhan rutin anda.
  • Tabungan: menabung adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sisihkan minimal 10% uang dari pendapatan yang dimiliki. Tabungan ini sangat bermanfaat untuk digunakan di masa depan.
  • Investasi: investasi bisa dilakukan oleh anda yang ingin mendapatkan keuntungan lain dan mencapai kesuksesan finansial dengan cara lain. Anda bisa memilih instrumen investasi yang tepat seperti reksadana, fintech, dan lain-lain.
  • Biaya entertainment: stres dapat menghampiri semua orang ketika sudah merasa lelah dan gundah dalam melakukan aktivitas yang membosankan. Anda bisa menyisihkan sedikitnya 5% setiap bulannya untuk digunakan liburan dan menghibur diri.

Popular Posts